in

Isobar: Definisi Isobar, Perbedaan Isobar dengan Isotop, dan Contoh Soal

Apakah kamu tahu atau pernah mendengar istilah isobar yang pada awalnya disebut dengan “isobares”? Isobar adalah atom-atom (atau nuklida-nuklida) yang memiliki nomor massa (jumlah proton + neutron) yang sama tetapi memiliki nomor atom atau jumlah proton berbeda (sehingga merupakan unsur yang berbeda). Nama isobar pertama kali diberikan oleh Alfred Walter Stewart pada tahun 1918. Nama ini diambil dari bahasa Yunani isos, yang berarti “sama” dan baros, yang berarti “berat”.

Penjelasan Lebih Lanjut tetang Isobar

Atom dari unsur-unsur kimia yang memiliki nomor massa yang sama tetapi nomor atom yang berbeda disebut Isobar. Jumlah dari proton dan neutron (nukleon) dalam inti atom bersama-sama membentuk nomor massa. Oleh karena itu, kita juga dapat mengatakan jumlah nukleon yang ada dalam nukleus sama dengan massa atom tersebut (dalam kasus ini massa elektron diabaikan dalam perhitungan massa atom karena nilainya yang terlalu kecil dibandingkan massa proton dan neutron).

Jumlah proton dan neutron saja akan bervariasi tetapi jumlah nukleon atau jumlah proton dan neutron dalam isobar akan selalu sama. Isobar selalu memiliki struktur atom yang berbeda karena perbedaan dalam nomor atom. Jumlah neutron membentuk perbedaan dalam jumlah nukleon. Oleh karena itu, isobar selalu merupakan unsur kimia yang berbeda yang memiliki nomor massa yang sama. Sehingga, isobar memiliki sifat kimia yang berbeda.

Sekarang kita tahu bahwa nomor massa dalam isobar bernilai sama. Oleh karena itu, isobar memiliki sifat fisik yang mirip. Misalnya, isobar besi (58Fe) dan nikel (58Ni). Besi dan nikel masing-masing memiliki nomor atom 26 dan 28. Namun, memiliki nomor massa sama yaitu 58 .

Contoh lainnya adalah argon (40Ar), kalium (40K) dan kalsium (40Ca) yang masing-masing memiliki nomor atom 18, 19 dan 20. Namun, ketiganya memiliki nomor massa yang sama yaitu 40.

Selain itu ada juga serangkaian unsur yang memiliki nomor massa yang sama. Misalnya, Cobalt (Co), Nikel (Ni), Tembaga (Cu), dan Besi (Fe) memiliki nomor massa yang sama yaitu 64 tetapi memiliki nomor atom yang bervariasi.

Contoh

  • 18Ar40 , 19K40 , 20Ca40
  • 32Ce7634Se76
  • 11Na24 , 12Mg24
  • 26Fe5827 Ni58 
  • 27Co64 , 28Ni64

Perbedaan Isotop dan Isobar

Isotop

  • Isotop adalah struktur atom dari unsur yang sama (memiliki nomor atom yang sama) yang memiliki nomor massa / massa atom yang berbeda.
  • Nomor atom semua bentuk isotop unsur adalah sama.
  • Isotop adalah unsur kimia yang sama tetapi bentuknya berbeda.
  • Semua bentuk isotop unsur tunggal memiliki sifat fisik yang berbeda

Isobar

  • Isobar adalah unsur kimia berbeda (memiliki nomor atom berbeda) yang memiliki nomor massa / massa atom yang sama.
  • Nomor atom isobar bervariasi satu sama lain.
  • Isobar adalah unsur yang berbeda satu sama lain.
  • Memiliki sifat fisik yang mirip.

Kesimpulan

Isotop dan isobar menunjukkan hubungan antara unsur-unsur kimia. Karena itu, perlu dipahami perbedaan di antara keduanya. Isotop memberikan hubungan berbagai bentuk unsur kimia tunggal. Isobar menunjukkan hubungan antara unsur-unsur kimia yang berbeda tetapi memiliki nomor massa yang sama dan dengan demikian memiliki sifat fisik yang sama.

Penggunaan Isobar

  • Reaktor nuklir menggunakan isobar uranium
  • Untuk pengobatan kanker, isobar kobalt digunakan
  • Isobar yodium digunakan dalam pengobatan gondok

Contoh Soal

Pertanyaan 1: Isobar memiliki kesamaan dalam jumlah?

A. Proton
B. Elektron
C. Neutron
D. Nukleon

Jawabannya adalah D (Nukleon). Jumlah proton dan neutron saja akan bervariasi dalam isobar tetapi jumlah nukleon atau jumlah proton ditambah neutron akan selalu sama.

Pertanyaan 2: Manakah dari pernyataan berikut tentang Isobar yang salah?

  1. Nomor atom isobar berbeda satu sama lain.
  2. Secara kimia isobar adalah unsur yang sama tetapi bentuknya berbeda.
  3. Sifat fisiknya bisa mirip satu sama lain.
  4. Isobar adalah unsur kimia berbeda yang memiliki massa atom atau nomor massa yang sama.

Jawab: Pernyataan 2 salah. Isobar adalah elemen yang berbeda satu sama lain karena memiliki nomor atom yang berbeda.

Sifat Kimia Asam dan Basa dan Contoh Soal

Isotop: Sifat Fisika dan Kimia, Penggunaan, dan Contoh Soal