in

Massa Atom Relatif dan Contoh Perhitungannya

Pernahkan kamu mencoba untuk menimbang butiran beras? Jika pernah, pasti setiap butir beras tersebut, memiliki massa yang berbeda-beda. Kenapa bisa seperti itu? Walaupun namanya sama, yaitu beras, namun butiran beras tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda. Hal tersebut juga berlaku pada atom suatu unsur, walaupun merupakan unsur yang sama, tetapi unsur tersebut dapat memiliki massa atom yang berbeda. Hal itu yang kita sebut dengan isotop.

Misalnya atom karbon ada yang mempunyai massa 12 s.m.a dan 13 s.m.a. Dengan adanya isotop tersebut, maka massa atom merupakan massa relatif dari keseluruhan isotop atom yang ada di alam.

Massa Atom Relatif

Sebagian besar unsur terjadi secara alami yang memiliki dua atau lebih isotop. Tabel di bawah ini menunjukkan isotop alami dari beberapa unsur, dan masing-masing kelimpahannya.

Massa Atom dan Persen Kelimpahan dari Beberapa Isotop Alami

Untuk beberapa unsur, satu isotop tertentu sangat mendominasi isotop lainnya. Misalnya Hidrogen, yang terbentuk secara alami dan hampir keseluruhannya merupakan hidrogen-1 (protium) serta oksigen yang terbentuk secara alami dan hampir keseluruhannnya merupakan isotop oksigen-16.

Untuk banyak elemen lain, memiliki lebih dari satu isotop yang jumlah kelimpahannya lebih substansial. Misalnya Klorin (nomor atom 17) adalah gas beracun kekuningan-hijau. Sekitar tiga perempat dari semua atom klor memiliki 18 neutron, dan mempunyai nomor massa 35, sekitar seperempat dari semua atom klor memiliki 20 neutron, dan mempunyai nomor massa 37.

Pada contoh atom klorin tersebut, kita dapat dengan mudah menghitung masaa relatifnya dengan persamaan aritmatika sederhana.

Kita akan mendapat nilai massa relatif klorin tersebut adalah 36.

Angka tersebut jelas lebih rendah jika kita bandingkan dengan massa relatif aktual klorin pada tabel. Mengapa demikian? Jawabanya adalah kita perlu memperhitungkan persentase kelimpahan alami dari masing-masing isotop untuk menghitung massa relatif suatu atom.

Massa atom suatu unsur adalah rata-rata tertimbang dari massa atom isotop yang terjadi secara alami dari unsur tersebut. Berikut contoh perhitungan massa rata-rata klorin yang benar.

Contoh Menghitung Massa Atom Relatif

Gunakan massa atom masing-masing dari dua isotop klorin bersama dengan persen kelimpahannya untuk menghitung massa atom relatif klorin.

Diketahui:

  • klorin-35: massa atom = 34,969 amu dan% kelimpahan = 75,77%
  • klorin-37: massa atom = 36,966 amu dan% kelimpahan = 24,23%

Ditanya : Berapa Massa Atom Relatif Klorin?

Jawab:
klorin-35 = 34,969 x 75,77% = 26,50 amu
klorin-37 = 36,966 x 24,23% = 8,957 amu

Sehingga,

Massa Relatif Atom Klorin = klorin-35 + klorin-37
Massa Relatif Atom Klorin = 26,50 + 8,957 = 35,45 amu

Ringkasan

  • Massa atom suatu unsur adalah rata-rata tertimbang dari massa atom isotop yang terjadi secara alami dari unsur itu.

Perhitungan massa atom menggunakan persentase kelimpahan masing-masing isotop.

Isotop: Sifat Fisika dan Kimia, Penggunaan, dan Contoh Soal

Nomor Massa: Definisi Nomor Massa, Cara Menghitung dan Contoh Soal