in

Kumpulan Soal CPNS dan Pembahasan Seleksi Kompetensi Dasar Gratis

Aparatur Sipil Negara (ASN) masih menjadi pekerjaan favorit banyak orang. Buktinya, setiap ada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), orang beramai-ramai mendaftar meski peluang lolos tes CPNS seringkali tak besar. Bayangkan saja, dari ribuan orang yang mendaftar, terkadang tak sampai lima orang yang diterima.

Untuk lulus menjadi seorang PNS, selain harus melengkapi berbagai syarat pendaftaran, juga harus memiliki berbagai persiapan yang matang. Misalnya saja, harus secara rutin berlatih mengerjakan soal-soal selama 1-2 bulan sebelum tes.

Tips Belajar Latihan Soal Tes CPNS

Tes CPNS terdiri dari dua jenis, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing memiliki passing grade alias nilai ambang batas yang harus dipenuhi untuk bisa lulus tes CPNS.

A. TIU

Fokuskan menjawab pertanyaan yang menurut kamu gampang terlebih dulu. Misalnya kamu lemah di kemampuan numerik berupa aljabar, kamu bisa mengerjakan soal deret dulu. Soal jenis ini bisa kamu jawab dengan mudah jika teliti dan rajin berlatih mengerjakan soal. Atau, dahulukan mengerjakan soal kemampuan verbal berupa sinonim, antonim, dan analogi, kemampuan berpikir logis berupa silogisme, atau kemampuan berpikir analitis berupa soal spasial.

B. TWK

TWK terdiri dari soal Pancasila, UUD 1945, sejarah perjuangan bangsa, sampai sistem tata negara Indonesia. Mentang-mentang terkesan seperti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang sarat muatan budi pekerti, jangan sepelekan tes ini dengan sekadar memilih jawaban paling bagus dan paling panjang dari daftar jawaban, ya. Kamu harus mempelajari semuanya dengan maksimal untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan TWK dengan benar.

C. TKP

Untuk soal TKP, kamu baru boleh memilih jawaban yang paling bagus di antara yang lain. Selain itu, kamu juga harus jujur dalam menjawab soal, karena jawaban kamu bisa mencerminkan siapa dirimu. TKP juga bisa dipelajari lewat buku latihan soal tes CPNS karena biasanya soal yang keluar kurang lebih mirip.

D. TKB

Untuk posisi di kementerian, jika kamu lulus TKD, kamu akan lanjut ke tahap TKB. Inilah pentingnya memilih posisi yang sesuai dengan minat atau sesuai jurusan kuliah. Sebab, soal-soal yang keluar akan berkaitan dengan posisi yang kamu ambil.

Kumpulan Soal CPNS dan Pembahasan

Pada artikel ini kita akan mempelajari Kumpulan Soal CPNS dan Pembahasan

Contoh Soal dan Pembahasan tes wawasan kebangsaan (TWK)

Berdasarkan Permenpan nomor 23 Tahun 2019, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) merupakan tes yang bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan:

  1. Nasionalisme, dengan tujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional;
  2. Integritas, dengan tujuan mampu menunjukkan sifat atau keadaan yang menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, kewibawaan sebagai suatu kesatuan’
  3. Bela Negara, dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara;
  4. Pilar negara, dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika;
  5. Bahasa Indonesia, dengan tujuan mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Contoh Soal dan Pembahasan tes intelegensi umum (TIU)

Berdasarkan Permenpan nomor 23 Tahun 2019, Tes Intelegensi Umum (TIU) merupakan tes yang bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan:

A. Kemampuan verbal, yang meliputi:

  • Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain;
  • Silogisme, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan; dan
  • Analitis, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

B. Kemampuan Numerik, yang meliputi :

  • Berhitung, dengan tujuan mengukur kemampuan hitung sederhana;
  • Deret angka, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk dalam melihat pola hubungan angka-angka;
  • Perbandingan kuantitatif, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif; dan
  • Soal cerita, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.

C. Kemampuan figural, yang meliputi :

  • Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain;
  • Silogisme, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan; dan
  • Analitis, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

Contoh Soal dan Pembahasan soal tes karakteristik pribadi (TKP)

Berdasarkan Permenpan nomor 23 Tahun 2019, Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) merupakan tes yang bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan:

  • Pelayanan publik, dengan tujuan mampu menampilkan perilaku keramah-tamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki;
  • Jejaring kerja, dengan tujuan mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif;
  • Sosial budaya, dengan tujuan mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk (terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya)
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi, dengan tujuan mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja;
  • Profesionalisme, dengan tujuan mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.

Kumpulan Soal dan Pembahasan CPNS ini akan terus di dilengkapi dan dapat diakses secara gratis. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke media social Anda.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Pembahasan soal tes karakteristik pribadi (TKP) 2 CPNS 2019

Panduan Lengkap Cara Membuat Website Untuk Pemula