in

Katakan Cinta dengan Excel

Apa sebenarnya arti kata cinta?  Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut (wikipedia). Pernah merasakan cinta? Atau pernah kecewa karena cinta? Banyak hal yang bisa merubah seseorang hanya karena suatu kata yang disebut cinta. Banyak cara untuk mengungkapkan perasaan kita kepada orang yang kita “cinta” dengan puisi, lagu, surat, film dan banyak lagi yang lainnya. Kita terkadang terlihat kaku dan dianggap kurang “peka” karena terlalu sibuk dengan apa yang kita kerjakan, tetapi sebenarnya kita adalah orang yang sangat romantis dengan cara yang berbeda. Salah satu caranya dengan matematika, mengungkapkan sesuatu hal dengan matematika tidaklah terlihat kaku atau membuat menjadi rumit, tetapi matematika membuat apa yang kita rasakan nampak sederhana, terpola, dan tentunya indah. Lalu bagaimana mengungkapkan cinta dengan sesuatu yang terpola seperti matematika? Pada kesempatan kali ini kita akan membuat sebuah pola yang mungkin dapat menggambarkan perasaan kita. Persamaan yang sangat sederhana, tapi mungkin bisa membuat kita menjadi romantis dengan cara yang berbeda.

Ada sebuah persamaan yang menurut saya lumayan indah yaitu:

Jika , maka

Masukkan persamaan tersebut pada lembar kerja excel, dan buat sebuah grafik dengan model scatter with smooth lines berdasarkan nilai x dan y yang telah diketahui

Lihat apa hasilnya

Cukup indah bukan? Lakukan berbagai perubahan kecil untuk membuatnya makin indah, dengan menambahkan 2 persamaan:

Lihat apa yang terjadi :

Lakukan pengeditan sesuai dengan apa yang anda inginkan (mungkin saja menggambarkan perasaan anda saat itu)

Bagaimana menurut anda? “Apakah harus menyelesaikan banyak rumus? Jika diammu dan diamku merupakan sebuah jawaban”. Ungkapkan cinta mu dengan hal berbeda lainnya.

What do you think?

Written by erapee

Erapee.com adalah media dan sarana belajar yang dituangkan dalam tulisan-tulisan sederhana dan inspiratif. Erapee.com memberikan wadah bagi para penulis untuk mengingat kembali apa yang mereka pelajari dengan cara menuliskannya.

Comments

Leave a Reply

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0

Membuat Pola dengan Fibonacci

Mengenal Makro Excel