in

Cara Copy ‘Visible’ Cells Only

Seringkali saat Anda melakukan pekerjaan menggunakan Excel , Anda memfilter data yang Anda buat untuk menampilkan data yang spesifik. Ketika Anda mencoba menyalin dan menempelkan data tersebut pada sheet lain, ternyata data yang tidak Anda butuhkan ikut tersalin. Hal itu dikarenakan secara default Excel menyalin semua sel yang visible atau hidden. Untuk lebih memahaminya perhatikan ilustrasi berikut.

Gambar 1

Pada gambar 1 terlihat data pada sel A1:C6, berdasarkan data tersebut Anda hanya ingin menampilkan data yang mempunyai kelas 1A. Untuk tujuan tersebut Anda melakukan filter, dan terlihat hasil seperti gambar 2.

Gambar 2

Saat Anda ingin menyalin dan menempelkan data gamabar 2 pada sheet lain. Anda akan mendapati data yang tidak Anda inginkan ikut tersalin. Untuk mengatasi masalah tersebut pada artikel ini kami akan membahas cara untuk menyalin sel yang Anda butuhkan atau visible karena proses filter atau hidden.

  1. Sorot atau pilih data yang ingin Anda salin

    Gambar 3
  2. Pada Home tab, pilih dan klik Find & Select

    Gambar 5
  1. Pilih “ Go To Special… “

    Gambar 6
  2. Pilih “Visible cells only”

    Gambar 6
  1. Klik OK
  2. Klik kanan Copy atau Ctrl+C
  3. Tempelkan data yang telah tersalin pada sel yang Anda inginkan dengan cara klik kanan paste atau Ctrl+V.

Excel hanya akan menampilkan data yang Anda pilih. Anda tak perlu repot menghapusnya.

What do you think?

Written by erapee

Erapee.com adalah media dan sarana belajar yang dituangkan dalam tulisan-tulisan sederhana dan inspiratif. Erapee.com memberikan wadah bagi para penulis untuk mengingat kembali apa yang mereka pelajari dengan cara menuliskannya.

Comments

Leave a Reply

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0

Mengenal Makro Excel

Ingin sukses? Lakukan kebiasaan ini