in

Mempelajari apa itu Massa Jenis

Massa jenis merupakan pengukuran massa setiap satuan volume benda. semakin tinggi massa jenis benda, makan semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata beda ialah total massa dibagi dengan total volumenya. Sedangkan kerapatan suatu zat disebut pula massa jenis yang dilambangkan dengan simbol “ρ (rho)”. Adanya massa jenis benda sesuai dengan sifat suatu zat, yaitu massa dan volume. Persamaan massa jenis adalah sebagai berikut :

Kerapatan adalah sifat intensif, artinya tidak tergantung pada jumlah bahan yang ada pada sampel. Air memiliki kerapatan 1,0 g/mL. Jadi kerapatan air dalam gelas maupun dalam baskom adalah sama. 

Satuan SI kerapatan adalah kilogram per meter kubik (kg/m3), karena kg dan m merupakan satuan SI untuk massa dan panjang, maka dalam pemanfaatannya dinyatakan dalam gram per sentimeter kubik (g/cm3). Dimana 1 cm3 sama dengan 1 mL, maka satuan kerapatan dapat dinyatakan pula dengan gram per mililiter (g/mL). Berikut tabel massa jenis pada beberapa zat yang umum digunakan dalam kimia :

ZatKerapatan pada 20 ᵒC (g/mL)
Etanol0,79
Es (0 ᵒC)0,917
Air0,998
Alumunium2,70
Tembaga8,92
Air raksa11,35
Emas13,6
Hidrogen0,084
Helium0,166
Oksigen1,33
Karbondioksida1,83
Radon9,23

Kerapatan suatu zat bergantung pada kenaikan suhu, karena sebagian besar bahan akan mengembang seiring kenaikan suhu, sehingga biasanya kerapatan zat akan berkurang seiring naiknya suhu.

Contoh 

Pada sampel logam seberat 18,2 g yang memiliki volume 2,55 cm3, berapakah massa jenisnya?

Jawab :

  • Diketahui : massa = 18,2 g

Volume = 2,55 cm3 = 2,55 mL

  • Berapa ρ logam = ? g/cm3

Ringkasan 

  • Massa jenis adalah rasio massa suatu benda terhadap volumenya.
  • Zat padat dan cair dapat memiliki berbagai kerapatan.
  • Untuk cairan dan gas, suhu akan mempengaruhi kerapatan hingga batas tertentu.

What do you think?

Leave a Reply

Satuan Turunan

Perbedaan Akurasi dan Presisi