in

Analisis Dimensi

Faktor konversi

Faktor konversi adalah cara untuk pindah dari satu kesatuan lain tanpa mempengaruhi nilai dari satuan tersebut melalui suatu rasio (perbandingan). Faktor konversi digunakan untuk mengkonversi dari satu satuan ke satuan ukuran yang lain, seperti centimeter ke meter. Perhatikan contoh berikut:

1 m = 10 dm = 100 cm = 1000 mm

Penggunaan nilai 10 berdasarkan aturan sistem metrik untuk menyederhanakan konversi. Setiap kali dua jumlah yang sama, rasio dapat ditulis dengan angka sama dengan 1.

disebut sebagai faktor konversi.

1 m dan 100 cm mewakili panjang yang sama, nilai faktor konversi adalah 1. Faktor konversi dibaca “1 meter per 100 centimeter”.

Analisis Dimensi

Faktor konversi digunakan untuk menyelesaikan masalah dimana pengukuran tertentu harus dinyatakan dengan unit yang berbeda. Ketika pengukuran dikalikan dengan faktor konversi yang sesuai, nilai numeriknya berubah, tetapi ukuran aktual kuantitas yang diukur tetap sama. Analisis dimensi adalah teknik menggunakan satuan (dimensi) pengukuran untuk menyelesaikan masalah dengan tepat. Misalkan, dalam satu hari ada berapa detik?

Jawab : 

  • Diketahui : 1 hari = 24 jam

1 jam = 60 menit

1 menit = 60 detik

  • Lalu, 1 hari = ? detik
  • Jumlah yang diketahui di atas mewakili faktor konversi yang akan kita gunakan. Faktor konversi pertama akan memiliki satuan hari dalam penyebutnya. Faktor konversi kedua akan memiliki jam sebagai satuan penyebut. Sedangkan, faktor konversi ketiga akan memiliki menit dalam satuan penyebut. Hasilnya, satuan pembilang terakhir akan memiliki satuan detik, sesuai dengan permintaan.
  • Sehingga diperoleh hasil dalam 1 hari = 86.400 detik.

Ringkasan

  • Faktor konversi adalah rasio pengukuran untuk penyetaraan.
  • Analisis dimensi adalah teknik yang menggunakan satuan (dimensi) pengukuran untuk menyelesaikan masalah konversi dengan tepat.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Comments

0 comments

Temperatur dan Skala Suhu

Konversi Satuan Metrik