in ,

Pengetahuan Dasar Energi Kinetik

Energi adalah suatu yang sangat dalam setiap aktivitas kehidupan kita. Umumnya, energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan suatu usaha. Suatu benda dikatakan memiliki energi ketika benda tersebut mampu menghasilkan gaya yang dapat melakukan kerja. Energi diperlukan dalam hampir semua aktivitas, seperti mendorong meja, bermain bola, melempar barang, dan aktivitas lainnya. Energi memiliki beberapa jenis yaitu energi kinetik, energi potensial, dan energi mekanik. 

Energi kinetik merupakan salah satu jenis energi akibat adanya gerakan suatu benda. Kata kinetik berasal dari bahasa Yunani yang berarti bergerak. Maka dari itu, semua energi yang bergerak sudah pasti memiliki energi kinetik. Energi kinetik secara matematis dirumuskan sebagai berikut :

Ek= 1/2.m.v2

Dimana :

m = massa

v = kecepatan

Dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa energi kinetik dipengaruhi oleh massa (m) dan kecepatan (v) suatu benda. Satuan SI untuk energi adalah joule (J). Joule sama dengan kg.m2/s2, satuan lainnya adalah kalori (kal) yang setara dengan 4,184 J.

Contoh energi kinetik yang sederhana adalah ketika seseorang memukul bola dengan tujuan agar bola terbang ke arah lawan. Atau saat Anda melemparkan batu dengan kecepatan tertentu. Energi dapat dilihat ketika batu menabrak sasaran yang dikenainya.

Ringkasan 

  • Energi adalah kapasitas suatu benda untuk melakukan kerja atau menghasilkan panas.
  • Energi kinetik adalah energi yang timbul akibat gerakan benda.
  • Joule (J) adalah satuan SI untuk energi yang sama dengan kg.m2/s2.

What do you think?

-1 Points
Upvote Downvote

Written by erapee

Erapee.com adalah media dan sarana belajar yang dituangkan dalam tulisan-tulisan sederhana dan inspiratif. Erapee.com memberikan wadah bagi para penulis untuk mengingat kembali apa yang mereka pelajari dengan cara menuliskannya.

Comments

Leave a Reply

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0

Perbedaan Massa dan Berat

Temperatur dan Skala Suhu