in

Bagaimana membuat Blog dengan WordPress secara Offline?

Apakah anda ingin membuat sebuah blog? tetapi  Anda tidak memiliki kemampuan teknis tentang pemrograman. WordPress merupakan salah satu jawaban bagi Anda untuk memulai sebuah blog ataupun website tanpa mengharuskan Anda memiliki kemampuan secara teknis. Kenapa harus menggunakan WordPress? Karena WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, yang memungkinkan pengguna dapat membuat website secara profesional tanpa harus memiliki kemampuan secara teknis. Untuk mengetahui lebih mendalam tentang WordPress silahkan browsing, karena telah banyak website atau forum yang membahas tentang WordPress. Pada artikel ini kami hanya akan membagikan cara membuat website dengan WordPress secara komprehensif.

Apa yang anda butuhkan untuk memulai sebuah blog WordPress?

Terdapat beberapa hal penting yang harus Anda siapkan untuk memulai sebuah blog WordPress.

  1. Nama domain

Nama domain ini sangat penting bagi blog atau website Anda, karena merupakan identitas penting yang akan mengingatkan audience Anda untuk dapat kembali berkunjung untuk membaca konten yang Anda sajikan. Usahakan membuat nama domain dengan nama yang unik.

  1. Hosting

Hosting merupakan tempat menyimpan data-data website Anda termasuk tempat WordPress diinstal sebagai gambaran singkat, jika diibaratkan domain adalah sebuah nama toko atau rumah, hosting merupakan tempat dimana rumah atau toko tersebut dibangun. Banyak sekali sekarang perusahaan Indonesia penyedia layanan hosting dan domain yang mempuyai penwaran harga terjangkau, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar.

Tetapi jika Anda hanya ingin belajar membuat blog dengan Worpress Anda dapat juga membuatnya secara offline, sehingga poin satu dan dua belum akan digunakan

  1. XAMPP

XAMPP ini diperlukan jika Anda ingin membuat WordPress secara offline. XAMPP dapat di dowload di secara gratis.

  1. WordPress Instalasi

Hal ini terpenting karena kita ingin ingin membangun sebuah blog WordPress jadi kita harus memiliki instalasi WordPress. Sebenarnya dalam versi terbaru XAMPP sudah terdapat WordPress yang bisa kita gunakan, tetapi disini kami akan membagi cara menginstall WordPress secara manual. Instalasi WordPress dapat didownload secara gratis disini

  1. Perhatian dan konsentrasi sekitar 30 menit untuk mempelajari langkah-langkah yang kami sajikan, karena secara teknis blog dengan WordPress dapat dibuat hanya dengan waktu 30 menit atau bahkan kurang dari itu.

Setelah beberapa hal telah disiapkan sekarang saatnya akan memulai membuat blog WordPress, pada artikel kali ini hanya akan dibagikan cara membuat blog WordPress secara offline.

  1. Install XAMPP

Langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan instalasi XAMPP yang telah didownload pada komputer Anda. Instalasi XAMPP sangat mudah hanya memerlukan beberapa langkah dan tanpa harus menunggu waktu lama.

    1. Jalankan file XAMPP yang telah didownload
    2. Klik next jika muncul tampilan seperti gambar berikut

  1. XAMPP akan mulai diinstall dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut, jika XAMPP telah selesai dinstall, lalu klik finish yang berarti XAMPP telah terpasang pada komputer Anda.

  1. Menjalankan XAMPP

XAMPP yang telah terinstall pada komputer siap dijalankan. Klik start dan buka XAMPP seperti gambar berikut:

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini dan klik start Apache dan MySQL

  1. Memasang WordPress pada XAMPP

Setelah XAMPP berhasil dijalankan, copy dan paste file WordPress yang telah di download pada folder htdocs yang terletak di C:\xampp\htdocs

  1. Rename Folder WordPress

Langkah selanjutnya adalah mengganti nama folder WordPress yang telah dipindahkan dalam htdocs. Penggantian nama folder ini untuk mempermudah Anda mengingat nama blog yang akan Anda buat. Selain itu nama folder yang dibuat dapat diibaratkan seperti nama domain blog Anda pada saat nanti akan dibuat secara online. Pada contoh kali ini folder WordPress diganti nama menjadi blogku dan jika Anda sudah mengganti namanya coba tes, dengan cara membuka Google Chrome, Mozilla atau web browser lain yang Anda miliki. Kami akan mencoba menggunakan Google Chrome, dan ketikkan alamat URL localhost/blogku dan enter alamat URL akan otomatis berubah menjadi http://localhost/blogku/wp-admin/setup-config.php seperti gambar berikut:

 

  1. Membuat Database

Database merupakan tempat penyimpanan seluruh data pada blog WordPress. Cara membuat data base secara offline sangatlah mudah, yang harus kita siapkan hanyalah nama database yang ingin kita gunakan, sebagai contoh blogkudb. Langkah awal membuat database secara offline adalah dengan mengetikkan URL http://localhost/phpmyadmin/ pada web browser  sehingga akan muncul tampilan sebagi berikut :

Langkah selanjutnya adalah klik New untuk membuat database baru

yang akan memunculkan tampilan seperti berikut :

Tulis nama database yang akan dibuat, misalnya blogkudb dan klik buat.

maka data base baru telah dibuat dengan nama blogkudb

  1. Install WordPress

Setelah berhasil membuat sebuah data base maka WordPress siap untuk diinstall karena telah tersedia tempat penyimpanannya. Langkah awal yang dilakukan pada proses install WordPress adalah mengetikkan URL berdasarkan nama folder WordPress yang telah Anda buat seperti pada langkah 4, pada contoh ini kami menggunakan nama blogku sehingga URL yang diketikkan pada web browser adalah http://localhost/blogku dan setelah dienter akan berubah menjadi http://localhost/blogku/wp-admin/setup-config.php seperti tampilan gambar berikut :

Pada web browser terdapat tampilan awal instalasi WordPress dan daftar yang harus disiapkan untuk menginstal WordPress, karena semua sudah siap maka klik Let’s go!

dan akan muncul tampilan seperti beikut :

Masukkan data yang diminta pada tampilan tersebut sehingga akan seperti gambar beriku ini:

Klik Submit, kemudian klik Run the Install

Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan detail informasi mengenai blog yang akan Anda buat, sebagai contoh seperti gambar berikut :

Simpan terlebih dahulu username dan password yang Anda buat karena selalu digukana jika Anda masuk pada halaman WordPress. Klik Install WordPress

Klik Log In untuk memulai WordPress Anda

Masukkan Username dan Password yang telah Anda buat, selanjutnya Log In dan Anda akan dibawa masuk ke halamn Dashboard Admin WordPress atau http://localhost/blogku/wp-admin/.

  1. Menambahkan Theme

Secara teknis sebenarnya blog WordPress telah selesai dibuat, untuk membuktikannya silahkan ketik URL http://localhost/blogku/ dan akan muncul tampilan seperti berikut:

Sebuah blog atau website telah Anda buat, tetapi kami yakin Anda kurang puas dengan tampilannya karena terlalu sedererhana dan tidak terlalu menarik bagi kebanyakan orang. Menyesuaikan tampilan dan nuansa blog Anda adalah salah satu bagian yang paling menarik dan bermanfaat dalam perjalanan menciptakan situs WordPress Anda.

Ada ribuan tema WordPress yang tersedia dan dapat Anda pasang di situs Anda. Beberapa dari tema tersebut dapat digunakan secara gratis, sementara yang lain bersifat berbayar.

Untuk mengubah tampilan atau tema situs Anda, dapat dilakukan pada halaman dashboard dengan cara klik Appearance » Themes

Pada layar berikutnya, Anda dapat mencari dari 4100 tema WordPress gratis yang tersedia di direktori tema WordPress.org resmi. Anda dapat mengurutkan menggunakan filter fitur populer, terbaru, unggulan, serta fitur lainnya (misalnya industri, tata letak, dll.).

Selain tema-tema yang telah tersedia Anda juga dapat mengupload tema yang bisa Anda download secara gratis misalnya https://wordpress.org/themes/olsen-light/. Pada artikel ini kami akan mengajarkan bagaimana cara mengupload dan mengaktifkan tema dalam situs WordPress Anda secara offline.

  1. Dowload tema misalnya https://wordpress.org/themes/olsen-light/
  2. Upload tema dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama dengan langsung menekan Upload Theme

Plih tema yang telah kita dowload sebelumnya dan klik install now

Maka tema tersebut sudah terupload dalam situs WordPress Anda, dan selanjutnya klik Activate untuk mengaktifkannya. Cara kedua adalah dengan mengekstrak file rar tema yang telah di download dan memindahkannya menuju ke folder C:\xampp\htdocs\blogku\wp-content\themes. Setelah tema yang kita pilih di aktifkan maka akan terjadi perubahan pada tampilan situs WordPress yang telah kita buat seperti gambar berikut:

  1. Membuat Blog Post Pertama Anda

Dalam sebuah website hal yang terpenting selain tampilan dan desain adalah konten yang disajikan dalam website itu sendiri. Konten dalam WordPress terbagi menjadi dua yaitu yang bersifat statis dan dinamis (Apa itu statis dan dinamis dapat Anda pelajari diinternet karena telah banyak website yang menjelaskan tentang hal ini). Konten yang bersifat statis dalam WordPress disebut dengan Page. Page biasanya diggunakan untuk menu pada website ataupun konten yang berisikan informasi seputar website seperti Tentang Kami, Kontak dll. Sedangkan konten yang bersifat dinamis dalam WordPress disebut dengan Post. Post biasanya digunakan untuk menuliskan konten yang sifatnya berubah-ubah atau selalu terupdate, secara singkat tulisan-tulisan Anda yang ingin Anda bagikan ada baiknya jika ditulis pada Post. Cara menulis sebuah post dapat dilakukan melalui Dashboard admin Anda dan klik Posts » Add New

Setelah selesai menulis, langkah selanjutnya adalah dengan klik Publish

Setelah mengikuti semua langkah pada artikel ini Anda secara garis besar telah mampu membuat website menggunakan WordPress. Tetapi ada beberapa hal yang harus terus Anda pelajari supaya tampilan website Anda lebih terlihat menarik dan profesional. WordPress sendiri telah menyediakan banyak fitur bagi para penggunanya yang memungkinkan untuk membuat website terlihat profesional dengan plugin. Apa itu plugin? Dan bagaimana cara menggunakannya? Semua akan kami bahas pada artikel berikutnya.

What do you think?

Written by erapee

Erapee.com adalah media dan sarana belajar yang dituangkan dalam tulisan-tulisan sederhana dan inspiratif. Erapee.com memberikan wadah bagi para penulis untuk mengingat kembali apa yang mereka pelajari dengan cara menuliskannya.

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Memiliki Kegiatan Menarik di luar Pekerjaan Penting Dilakukan

Apa itu Kimia?