in

Perbedaan WordPress.com vs WordPress.org – Mana yang lebih baik?

Taukah Anda, jika WordPress.com dan WordPress.org adalah dua buah platform CMS yang sangat berbeda? Seringkali sebagai seorang yang awam atau pemula dalam dunia website, kita sering dibingungkan dalam hal memilih platform yang tepat dua versi wordpress tersebut, hal inilah yang terkadang membuat kita malah terjerumus dalam pemilihan platform yang salah atau tidak sesuai kebutuhan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dalam artikel ini kami mencoba membahas perbedaan WordPress.com vs WordPress.org yang akan sangat membantu Anda memilih versi wordpress mana yang nantinya sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Perbandingan Antara WordPress.com vs WordPress.org Berdasarkan Infografis

Sumber : https://bloggingthing.com/wordpress-org-vs-wordpress-com

Perbandingan Antara WordPress.com vs WordPress.org

Cara terbaik untuk memahami perbedaan WordPress.com vs WordPress.org adalah dengan melihat setiap platform secara individual.

WordPress.org

WordPress.org atau yang bisa kita sebut dengan “the real WordPress” adalah platform CMS yang paling populer dan banyak digunakan diseluruh dunia yang mempunyai banyak fitur-fitur hebat didalamnya.

Platform WordPress.org bersifat 100% open source dan gratis bagi siapa saja yang ingin menggunakannya, yang dibutuhkan hanyalah nama domain dan web hosting. Oleh sebabnya, kenapa platform wordpress.org juga biasa disebut dengan wordpress self-hosted.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan penggunaan wordpress.org dalam pembuatan suatu website.

Kelebihan WordPress.org

Berikut adalah beberapa manfaat memilih WordPress.org untuk membangun situs web Anda, dan alasan mengapa itu adalah pilihan yang tepat.

Saat Anda membuat sebuah website menggunakan WordPress.org, Anda memiliki kendali penuh pada website Anda. Anda bebas melakukan apa pun yang Anda inginkan pada website Anda dan melakukan pengaturan serta penyesuaian untuk kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat memilih WordPress.org untuk membangun website Anda, dan alasan mengapa wordpress.org adalah pilihan yang tepat.

  • WordPress.org bersifat gratis dan sangat mudah untuk digunakan
  • Anda memiliki kendali penuh pada website Anda. Artinya seseorang tidak dapat untuk mematikan website Anda karena dianggap melanggar ketentuan layanan (selama Anda tidak melakukan tindakan ilegal atau melanggar hukum).
  • Anda dapat menambahkan plugin / aplikasi yang sifatnya gratis, berbayar dan memiliki kebutuhan khusus untuk menunjang website Anda
  • Anda dapat menggunakan dan melakukan penyesuain-penyesuain dalam desain website Anda. Anda dapat menambahkan tema yang bersifat gratis atau berbayar pada website Anda, atau jika Anda memiliki pemahaman tentang koding Anda juga dapat membuat desain tema sendiri atau memodifikasi tema untuk memenuhi kebutuhan website Anda.
  • Anda juga dapat dengan bebas untuk menghasilkan uang dari website Anda, misalnya saja dengan memasang iklan tanpa perlu khawatir untuk berbagi pendapatan dengan pihak lain.
  • Anda juga dapat menggunakan tool yang sang powerfull dan canggih untuk keperluan analisa dan pelacakan website Anda seperti Google Analytics.
  • Untuk menunjang bisnis Anda, tertuma dalam hal transaksi jual beli online, WordPress juga dapat digunakan sebagai toko online. Toko online dalam wordpress sendiri dapat digunakan untuk menjual produk digital atau fisik, menerima pembayaran dengan kartu kredit, dan bisa juga dengan beberapa plugin tambahan mampu menghitung biaya kirim yang dapat disesuaikan dengan berbagai kurir.
  • Dalam wordpress Anda juga dapat membuat website yang bersifat membership, premium membership, konten premium, kursus, serta membangun komunitas online pada website Anda.

Kekurangan WordPress.org

Selain banyak kelebihan yang ditawarkan oleh wordpress.org, juga terdapat beberapa kekurangan jika kita menggunakan wordpress.org. Berikut akan kita bahas bersama beberapa kekurangan menggunakan wordpress.org

  • Seperti semua website, menggunakan wordpress.org juga memerlukan web hosting. Web hosting inilah nantinya yang berfungsi untuk menyimpan semua data dan file website Anda di internet. Walaupun sekarang telah banyak jasa penyedia web hosting dengan harga terjangkau bahkan ada yang kurang dari 50 ribu perbulan, tetapi biaya ini akan terus meningkat seiring banyaknya trafik pada website Anda.
  • WordPress.org tidak melakukan update secara otomatis (kecuali Anda melakukan pengaturan khusus untuk melakukannya), jadi Anda bertanggung jawab penuh pada semua update website Anda. walaupun untuk melakukan update pad wordpress sangat mudah hanya dengan sekali klik.
  • Anda bertanggung jawab penuh pada backup website Anda. Tetapi saat ini banyak plugin yang tersedia yang bisa Anda gunakan untuk melakukanbackup otomatis pada website Anda.

Biaya riil situs WordPress.org bervariasi berdasarkan apa yang Anda coba buat (blog sederhana, situs web portofolio, eCommerce, situs keanggotaan, dll). Ada juga faktor lain seperti template gratis vs template premium, plugin gratis vs plugin premium, dll.

Biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah website menggunakan wordpress.org sangat bervariasi, tergantung apa yang ingin Anda tampilkan pada website Anda (blog sederhana, portofolio, toko online, dll). Karena untuk memenuhi kebutuhan Anda banyak sekali template yang bersifat gratis dan berbayar/premium, begitu juga dengan plugin. Tentu saja yang bersifat gratis memiliki banyak keterbatasan dalam penggunaanya, dan untuk memenuhi kebutuhan terkadang Anda harus memngeluarkan biaya lebih (diluar domain dan hosting) untuk mendapatkan template dan plugin premium.

WordPress.com

WordPress.com adalah layanan hosting yang dibuat oleh salah satu pendiri WordPress, Matt Mullenweg. Karena pendiri yang sama, sering kali pengguna membingungkan WordPress.com dengan perangkat lunak WordPress.org yang populer.

Hosting pada wordpress.com memiliki beberapa alternatif harga, anatara lain:

  • Free – Very limited.
  • Personal – $36 per tahun
  • Premium – $99 per tahun
  • Business – $299 per tahun
  • VIP – starting at $5000 per bulan

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan penggunaan wordpress.com dalam pembuatan suatu website.

Kelebihan WordPress.com

Penggunaan wordpress.com versi gratis / free adalah pilihan yang terbaik untuk website yang berfungsi sebagai hobi atau website untuk blog keluarga. Berikut keunggulan saat menggunakan wordpress.com

  • WordPress.com versi gratis memiliki ruang penyimpanan sebesar 3GB, Anda juga dapat menambah kapasitas penyimpanan website Anda dengan melakukan upgrade pada versi diatasnya (personal $36 per tahun 6GB, Premium $99 13 GB, atau paket Bisnis dengan harga $299 per tahun dengan ruang penyimpanan tanpa batas).
  • Anda juga tidak perlu khawatir dengan update dan backup pada website Anda, karena wordpress.com akan membereskannya.

Kekurangan WordPress.com

Terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki saat menggunakan wordpress.com, dan hal inilah faktor yang paling mencolok dalam perbedaan wordpress.com vs wordpress.org. Berikut ini dalah beberapa kekurangan pada wordpress.com

  • Pengelola wordpress.com menempatkan iklan pada semua website versi gratis, Jadi pengguna website Anda akan melihat iklan, dan anda tidak akan mendapatkan penghasilan apapun dari itu. Jika Anda ingin menghilangkan iklan tersebut, Anda harus meningkatkan paket Anda minimal paket personal seharga $36 per tahun.
  • Anda tidak dapat memasang iklan dari pihak ketiga (misal google) pada website Anda. Jika website anda memiliki trafik yang tinggi Anda hanya dapat mengajukan permohonan pemasangan iklan dengan mengikuti program yang telah disediakan oleh WordPress.com yaitu WordAds.
  • Anda tidak dapat mengupload plugin pada website Anda.Pada wordpress.com versi gratis Anda akan mendatkan fitur JetPack built-in yang sudah diaktikan sebelumnya.
  • Anda tidak dapat mengupload template khusus. Pengguna wordpress.com versi gratis hanya dapat memasang koleksi template gratis dengan jumlah dan tampilan terbatas.
  • Kegiatan Anda dalam analisa statistik dan pelacakan website Anda sangat dibatasi, Anda tidak dapat menambahkan Google Analytics pada website Anda. Hanya pada wordpress.com paket bisnis Anda dapat menambahakan Google Analytics
  • Pengelola wordpress.com dapat kapan saja menghapus website Anda, jika Anda dinilai melanggar perstaratan layanan yang telah ditentukan.
  • Website Anda akan menampilkan link powered by WordPress.com, untuk menghapusnya Anda perlu meningkatkan paket Anda menjadi paket bisnis.
  • WordPress.com tidak dapat digunakan untuk membuat sebuah website toko online. Anda tidak dapat membangun website yang bersifat membership dengan menggunakan wordpress.com

Sekarang Anda dapat mengetahui kekurangan pada wordpress.com. Untuk mendapatkan berbagai fitur-fitur yang diinginkan Anda harus mengubah paket wordpress.com Anda minimal paket bisnis dengan harga $299 per tahun.

WordPress.com vs WordPress.org – Mana yang lebih baik?

Setelah mengetahui perbedaan wordpress.com vs wordpress.org dapat dilihat dari kelebihan dan kekurangan dua versi wordpress, sekarang saatnya kita menentukan versi wordpress mana yang terbaik? Versi wordpress yang lebih baik dibandingkan yang lainnya hanya dapat ditentukan dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, jika Anda seorang personal blogger, dan Anda tidak peduli tentang menghasilkan uang dari website Anda, maka sebaiknya Anda menggunakan WordPress.com dengan paket gratis.

Tetapi, jika Anda adalah seorang blogger yang ingin menghasilkan uang dari website Anda, maka sebaiknya Anda menggunakan WordPress.org, karena Anda akan memiliki kebebasan dan fleksibilitas untuk mengembangkan website Anda sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai penutup untuk membandingkan anatara wordpress.com dan wordpress.org adalah kita dapat menganalogikan wordpress.com sebagai rumah sewa yang mana Anda memiliki keterbatasan dalam hal mengaturnya. Berbeda dengan wordpress.org Anda dapat secara penuh mengatur dan Anda dapat melakukan apa saja disana tanpa ada orang yang dapat mengusir Anda.

Demikianlah sedikit gambaran tentang perbedaan wordpress.com vs wordpress.org. Semoga bermanfaat.

Pemodelan Matematika dan Penyelesaian Masalah Dalam Teknik

Jurus Laris Manis Jualan Online Terbaru