in

Apa itu Kimia?

Apa sebenarnya kimia itu? Mungkin kata “Kimia” atau “Chemistry” sudah seringkali kita dengar, namun jika ditanya apa itu kimia, belum tentu semua tau. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kimia, kita simak ulasan berikut.

 

Kimia adalah…..

Bila Anda mendengar kata “Kimia” mungkin yang terfikir pertama kali adalah berbagai macam zat dan senyawa berbahaya, reaksi-reaksi yang sulit dinalar, laboratorium, dan bisa jadi juga berbagai peristiwa ledakan bom.

Faktanya, kimia tidak hanya sesempit itu, jauh lebih dari itu! Ilmu kimia dikenal sebagai ilmu dasar karena mencakup semua ilmu alam yang ada, seperti biologi, fisika, geologi, dan lain-lain.


Sumber : https://www.coursera.org/learn/chemistry-1

Kimia merupakan ilmu alam yang mempelajari mengenai sifat dan interaksi antara materi dan energi. Atau dapat diartikan sebagai cara mempelajari sifat, karakteristik, dan perubahan materi fisik dan kimia. Sedangkan yang dikatakan materi sendiri adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang, materilah yang membentuk semua barang di dunia kita ini.

Kimia sendiri mempelajari bagian terdalam dari materi, yakni interaksi antar atom yang merupakan unit dasar penyusun suatu materi. Selain itu, dipelajari pula partikel subatomik atau unit penyusun materi yang lebih kecil dari atom, berupa proton, neutron, dan elektron. Segala sesuatu yang ada di Bumi ini tersusun atas materi, dan materi terbuat dari susunan atom. Sehingga tanpa ada materi, apalah jadinya dunia kita! Maka dari itu pula mempelajari ilmu kimia sangat penting untuk mengetahui berbagai hal dasar di sekitar kita.

Bagaimana sejarah kimia?

Mungkin bagi sebagian orang mendengar tentang ilmu kimia menjadi hal asing dan sesuatu yang baru. Padalah kimia sendiri sudah ada sejak lama. Kimia dasar telah dipelajari sejak zaman dahulu kala oleh seorang ilmuwan yang sangat teliti, dimana mereka melakukan berbagai eksperimen dan mencatat hasilnya yang kini menjadi kunci dari ilmu sains.

Kimia modern berasal dari abad ke-17, dan disebut didirikan oleh Robert Boyle. Boyle adalah salah satu peneliti ilmiah yang tanpa bosan berulang kali gagal dan mencoba kembali untuk membuktikan kebenaran teori ilmiah yang ia kemukakan.

Walaupun terkadang ilmu sains terutama kimia dianggap sebagai ilmu formal yang sulit bahkan di luar logika manusia, namun pada nyatanya sepanjang sejarah kehidupan manusia tidak lepas dari peran serta ilmu kimia. Sebagai contohnya, fermentasi makanan dan minuman selama berabad-abad, mengekstrak logam dari bijih, ekstrak tanaman untuk obat, berbagai macam produk sehari-hari, semua proses tersebut melibatkan peran serta kimia. Dengan kata lain, kimia ada dalam setiap kehidupan kita!

Cabang ilmu kimia….

Secara umum terdapat 5 cabang ilmu yang dipelajari dalam kimia yakni :

  1. Kimia Analitik ─ cabang ilmu yang berfokus pada pengamatan kualitatif dan kuantitatif dalam mengidentifikasi dan mengukur sifat fisik dan kimia suatu zat.
  2. Kimia Fisik ─ gabungan antara ilmu kimia dan fisika yang mempelajari interaksi materi dan energi serta kaitannya dengan termodinamika dan mekanika kuantum.
  3. Kimia Organik ─ mempelajari senyawa yang mengandung unsur karbon. Karbon sendiri memiliki banyak sifat unik yang memungkinnya membentuk ikatan kimia kompleks dan molekul yang sangat besar. Dengan kata lain, cabang kimia organik merupakan dasar ilmu kimia kehidupan sebab semua molekul yang ada membentuk jaringan dan memiliki karbon.
  4. Kimia Anorganik ─ mempelajari berbagai bahan seperti logam dan gas yang tidak memiliki karbon sebagai bagian penyusunnya.
  5. Biokimia ─ mempelajari tentang proses kimia yang terjadi pada organisme hidup.

Tentunya ilmu kimia tidak hanya sesempit itu, jika Anda mempelajari lebih lanjut mengenai ilmu kimia, Anda akan menyadari betapa seluruh kehidupan kita tersusun atas sesuatu yang menakjubkan!!!

Bagaimana membuat Blog dengan WordPress secara Offline?

Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh