in

Perubahan Fisik

Perubahan fisik merupakan perubahan zat tanpa menyebabkan timbulnya zat baru. Ciri-ciri perubahan fisik yaitu sifat partikelnya masih tetap sama. Dapat diartikan bahwa saat materi mengalami perubahan fisik terjadi beberapa sifat materi yang berubah, tetapi identitas materi tidak. Namun, saat perubahan fisik berlangsung masih memungkinkan kembali pada bentuk semula. Perubahan fisik mencakup perubahan bentuk dan ukuran, perubahan wujud, perubahan sebab pelarutan dan pengeringan, perubahan karena pemanasan serta perubahan volume.

Terdapat beberapa ciri-ciri perubahan fisik, dimana ciri-ciri ini membedakan antara perubahan fisik dan perubahan kimia, ciri tersebut antara lain :

  • Tidak menghasilkan zat baru.
  • Perubahan terjadi pada wujudnya saja.
  • Mampu kembali ke bentuk semula.
  • Sifat partikel tetap sama.
  • Bisa terjadi disebabkan proses pemanasan dan merubah bentuk pada wujud zat.

 Salah satu contoh sederhana adalah saat es batu meleleh, bentuknya akan berubah menjadi cair, namun komposisinya tidak berubah. Perubahan fisik diklasifikasikan menjadi reversibel (dapat dibalik) dan ireversibel (tidak dapat dibalik). Perubahan fisik yang melibatkan perubahan keadaan semua bersifat reversibel. Es batu yang meleleh dapat dibekukan, jadi pencairan termasuk perubahan fisik yang dapat dibalik. Contoh perubahan reversibel lainnya adalah penguapan (cair ke gas), pembekuan (cair ke padat), dan kondensasi (gas ke cair). 

Sedangkan perubahan fisik ireversibel yang tidak dapat dibalik contohnya adalah ketika sepotong kayu digiling menjadi serbuk gergaji. Perubahan tersebut tidak dapat dibalik karena serbuk gergaji tidak dapat dilarutkan menjadi potongan kayu yang sama seperti sebelumnya. Contoh lain adalah memotong rumput atau melumatkan batu.

Ringkasan

  • Perubahan fisik adalah perubahan pada sampel materi dimana beberapa sifat materi berubah, tetapi identitas materi tidak.
  • Perubahan fisik dapat digolongkan menjadi reversible (dapat dibalik) ke bentuk semula, dan ireversibel (tidak dapat dibalik) ke bentuk semula.
  • Contoh perubahan fisik reversibel adalah melelehkan es batu.
  • Contoh perubahan fisik ireversibel adalah menggiling kayu menjadi serbuk gergaji.

What do you think?

Written by erapee

Erapee.com adalah media dan sarana belajar yang dituangkan dalam tulisan-tulisan sederhana dan inspiratif. Erapee.com memberikan wadah bagi para penulis untuk mengingat kembali apa yang mereka pelajari dengan cara menuliskannya.

Comments

Leave a Reply

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0

Kondisi Materi

Campuran