in

SukaSuka

Sifat Intensif dan Ekstensif

Intensif dan ekstensif berkaitan erat dengan keadaan termodinamika suatu sistem. Secara umum, intensif mengacu pada kata sifat yang mengacu pada kegiatan yang fokus dan bersungguh-sungguh. Sedangkan ekstensif bermakna mempunyai jangkauan yang lebih luas.

Sifat Ekstensif

Beberapa sifat materi tergantung pada ukurna sampel, sementara beberapa lainnya tidak. Sifat ekstensif berarti sifat materi yang tergantung pada jumlah materi dalam sampel. Massa suatu objek adalah ukuran jumlah materi yang dikandung suatu objek. Suatu materi berukuran kecil akan memiliki massa kecil, sedangkan sampel yang lebih besar akan memiliki massa yang lebih besar. Sifat ekstensif yang lain adalah volume. Volume merupakan ukuran ruang yang ditempati oleh objek itu. Jadi yang termasuk kategori sifat ekstensif adalah :

  • Massa. Semakin banyak jumlah materi, maka akan semakin besar jumlah massa dari materi tersebut.
  • Volume. Semakin besar ukuran suatu materi, maka akan semakin besar pula jumlah volume dari materi tersebut.

Sifat intensif

Sifat intensif merupakan sifat dari sebuah materi yang sama sekali tidak bergantung pada jumlah serta ukuran materi itu sendiri dan tidak dapat diakumulasikan. Dengan kata lain, sifat intensif bergantung pada jenis materi dalam sampel dan bukan pada jumlahnya. Contohnya adalah konduktivitas listrik suatu zat yang haya bergantung pada jenis zat. Seperti perak, emas, dan tembaga yang merupakan konduktor listrik sangat baik. Sifat intensif lainnya adalah warna, suhu, kerapatan, dan kelarutan.

Perbedaan sifat ekstensif dan intensif dapat dilihat pada sebuah sistem dimana terdapat sejumlah massa dalam beberapa bagian dengan temperatur yang sama. Total massa dan volume yang dimiliki benda tersebut merupakan akumulasi dari tiap komponen dan disebut sifat ekstensif, sedangkan suhu merupakan sifat intensif.

Ringkasan

  • Sifat ekstensif adalah sifat materi yang ditentukan oleh jumlah serta ukuran materi.
  • Contoh sifat ekstensif adalah massa dan volume.
  • Sifat intensif adalah sifat materi yang hanya bergantung pada jenis materi dalam sampel dan bukan pada jumlahnya.
  • Contoh sifat intensif adalah warna, suhu, dan kelarutan.

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Sifat Fisika

Kondisi Materi