in

Reaktan dan Produk

Pada persamaan kimia ada yang disebut reaktan ada juga yang disebut produk. Zat yang ada sebelum terjadinya perubahan kimia disebut reaktan. Reaktan hadir sebelum terjadi perubahan-perubahan kimia. Dengan konvensi, simbol untuk reaktan kimia ditulis di sisi kiri persamaan reaksi kimia. Sedangkan produk adalah zat yang ada setelah reaksi, produk terbentuk selama perubahan kimia. Produk adalah semua zat yang ditemukan pada akhir reaksi. Dengan konvensi, simbol kimia untuk produk ditulis di sisi kanan persamaan reaksi kimia. 

Reaksi antara seng dan belerang dapat ditunjukkan dalam persamaan kimia, sebagai berikut :

Seng + sulfur → seng sulfida

Zn + S → ZnS

Dari persamaan di atas, seng dan belerang adalah reaktan yang secara kimia bergabung untuk membentuk produk seng sulfida.

Cara standar penulisan persamaan kimia yaitu reaktan di sebelah kiri persamaan dan produk di sebelah kanan persamaan. Panah menunjuk dari reaktan ke produk untuk menunjukkan arah produk untuk menunjukkan arah reaksi.

Reaktan → produk

Bila perlu simbol dapat ditulis di atas atau dibawah panah untuk menunjukkan beberapa keadaan khusus. Tanda panah juga menunjukkan bahwa reaksi berjalan dalam satu arah di bawah kondisi yang ditunjukkan. Simbol “Δ” digunakan untuk menunjukkan reaksi dengan pemanasan. 

Ringkasan

  • Persamaan kimia menggambarkan reaksi kimia.
  • Reaktan adalah bahan awal sebelum perubahan kimia terjadi dan berada di sebelah kiri persamaan.
  • Produk adalah hasil akhir dari reaksi dan ditulis di sebelah kanan persamaan.

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Sifat Kimia

Mengenali Reaksi Kimia