in

Apa Perbedaan Reaksi Kimia dan Persamaan Kimia?

Apa perbedaan reaksi kimia dan persamaan kimia? Pertanyaan ini sering kali kita dengar, sekilas keduanya nampak sama, namun secara teknik reaksi kimia berbeda dengan persamaan kimia.

Reaksi kimia adalah suatu proses satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih produk baru. Sebagai contoh :

  • Kombinasi hydrogen dan oksigen untuk menghasilkan air
  • Natrium klorida terdisosiasi dalam air menjadi ion-ion natrium dan klorin
  • Pembakaran metana dengan oksigen menghasilkan karbondioksida, panas, dan air.

Sedangkan persamaan kimia adalah representasi tertulis dari reaksi kimia berupa symbol dan angka. Simbol atom digunakan untuk merepresentasikan unsur-unsur yang terlibat dalam reaksi kimia. Nomor digunakan untuk menuliskan rasio dari reaktan dan produk yang berlangsung selama reaksi. Sedangkan tanda panah digunakan untuk menunjukkan arah reaksi yang terjadi, biasanya menunjuk dari reaktan ke produk.

Contoh reaksi kimia di atas dituliskan sebagai berikut :

  • 2 H2 (g) + O2 (g) → 2 H2O (l)

Persamaan kimia dari reaksi tersebut berbunyi : Dua molekul gas hidrogen dan satu molekul gas oksigen menghasilkan dua molekul air.

  • NaCl + H2O → Na+ (aq) + Cl (aq)

Persamaan kimia dari reaksi tersebut ialah : satu molekul natrium klorida terdisosiasi dalam air menjadi satu ion natrium dan satu ion klorin.

  • CH4 + 2 O2 → CO2 + 2 H2O (ΔH = – 891 kJ/mol

Persamaan ini menunjukkan bahwa satu molekul metana dan dua molekul gas oksigen direaksikan membentuk satu molekul karbondioksida, dua molekul air, dan melepaskan panas sebesar 891 kJ.

Sudah jelas bukan apa perbedaan reaksi kimia dan persamaan kimia? Untuk sekedar mengulas kembali bahwa reaksi kimia adalah proses dimana reaktan diubah menjadi produk baru. Sedangkan persamaan kimia adalah representasi tertulis dari reaksi kimia. 

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Comments

0 comments

9 Fakta Menarik Tentang Kimia

Apa Itu Persamaan Kimia?