in

Apa Itu Persamaan Kimia?

Persamaan kimia akan menjadi hal yang sering Anda jumpai saat belajar kimia. Lalu apa itu persamaan kimia? Persamaan kimia adalah representasi tertulis menggunakan symbol dan angka dari proses yang terjadi selama reaksi kimia berlangsung. Berikut uraian tentang persamaan kimia.

Cara menulis persamaan kimia

Persamaan kimia terdiri atas dua hal yaitu reaktan dan produk. Persamaan kimia ditulis dengan reaktan di sisi kiri panah dan produk di sisi kanan dihubungkan dengan sebuah panah. Kepala panah biasanya menunjuk ke arah kanan atau sisi produk dari persamaan. Namun terdapat pula beberapa persamaan yang menunjukkan kesetimbangan dengan reaksi yang berlangsung ke kedua arah secara bersamaan.

Elemen-elemen dalam persamaan kimia dilambangkan dengan menggunakan simbolnya. Koefisien (angka kecil) yang berada di sebelah symbol merupakan angka stoikiometri. Sedangkan subscribe (angka depan simbol) menunjukkan jumlah atom unsur yang berada dalam reaksi kimia.

Perhatikan persamaan kimia pada pembakaran metana berikut :

CH4 + 2O2 →CO2 + 2H2O

Berdasarkan reaksi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

  • C, H, O merupakan symbol dari unsure karbon, hidrogen, dan oksigen yang terlibat dalam reaksi pembakaran metana
  • Reaktan (sisi kiri persamaan) berupa metana dan oksigen yang dituliskan dengan CH4 dan O2
  • Produk (sisi kiri persamaan) berupa karbondioksida (CO2) dan air (H2O)
  • Arah reaksi ditunjukkan dengan tanda panah. Tanda panah reaksi kimia harus menunjuk dari kiri ke kanan atau jika reaksi berlangsung dua arah, tanda panah diharuskan menunjuk ke kanan dan ke kiri.

Menyeimbangkan persamaan kimia

Persamaan kimia dapat berupa persamaan seimbang atau tidak seimbang. Jika persamaan kimia merupakan persamaan seimbang yakni memiliki jumlah dan jenis atom yang sama di kedua sisi persamaan, maka tidak perlu untuk diseimbangkan lagi. Namun, jika persamaan tidak seimbang, dimana reaktan dan produk memiliki rasio yang berbeda, maka harus diseimbangkan dengan cara menyamakan jumlah dan jenis atomnya.

Menentukan kondisi persamaan kimia

Dalam menuliskan persamaan kimia penting untuk menunjukkan keadaan materi/unsure dalam persamaan/ reaksi kimia. Keadaan unsure dapat dituliskan dengan memberikan tanda kurung dan singkatan setelah rumus kimia unsur. Berikut contohnya

2 H2 (g) + O2 (g) → 2H2O (l)

Pada persamaan tersebut unsure hydrogen dan oksigen dalam bentuk gas, yang ditunjukkan dengan adanya tanda (g). Sedangkan produk berupa air memiliki tanda (l) yang berarti produk tersebut dalam fase cair.  Selain notasi fase (g) dan (l), Anda juga akan menemui notasi (aq) yang berarti spesies kimia tersebut berupa larutan berair. Penggunaan symbol aq sangat efektif digunakan menghindari memasukkan air dalam persamaan kimia.

What do you think?

Written by erapee

Erapee.com adalah media dan sarana belajar yang dituangkan dalam tulisan-tulisan sederhana dan inspiratif. Erapee.com memberikan wadah bagi para penulis untuk mengingat kembali apa yang mereka pelajari dengan cara menuliskannya.

Comments

Leave a Reply

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0

Apa Perbedaan Reaksi Kimia dan Persamaan Kimia?

Apa Itu Perubahan Fisik?