in

Mengapa kimia begitu sulit?

Sebagian besar dari kita menganggap kimia sebagai cabang ilmu yang sulit untuk dikuasai. Tak heran jika saat ini kimia memegang reputasi sebagai cabang sains yang sulit dikuasai dibandingkan ilmu lainnya. Mengapa kimia begitu sulit? Berikut penjelasannya.

Kimia bukan hanya teori di kelas

Memutuskan mendalami ilmu kimia berarti Anda memutuskan pula untuk siap menghabiskan sebagian besar waktu berkutat dengan kimia. Saat Anda mengambil kuliah kimia, jangan berpikir bahwa kegiatan perkuliahan hanya ada di kelas saja seperti jurusan lainnya. Selain jadwal kuliah di kelas yang padat, Anda harus siap untuk melakukan kegiatan pra-praktikum lab, praktikum di lab, maupun persiapan penelitian, belum lagi ditambah jadwal lain di luar kelas. Hal ini menjadikan kimia menjadi lebih sulit, karena menuntut kita untuk lebih konsisten dan berkomitmen penuh.

Kimia menggunakan ilmu matematika

Saat Anda memutuskan mendalami kimia, Anda harus siap pula untuk belajar matematika lebih dalam pula. Sebab dalam mengatasi masalah kimia dibutuhkan kelihaian dalam mengolah angka-angka hingga aljabar. Jika Anda tidak menyukai matematika, jangan harap Anda dapat mengikuti pelajaran kimia dengan cepat. Jadi saat mempelajari konsep kimia berarti belajar matematika pada saat yang sama. Inilah alasan mengapa banyak orang menganggap kimia sangat menakutkan.

Kimia memiliki bahasa sendiri

Anda dapat dengan mudah memahami kimia jika Anda telah memahami kosakata-nya. Akan ada 118 elemen yang harus dipelajari, kosakata baru, serta sistem penulisan persamaan kimia yang harus Anda kuasai, dimana semuanya merupakan bahasa khusus. Jadi Anda harus belajar pula cara menafsirkan dan menerjemahkan bahasa kimia.

Kimia memiliki cakupan yang luas

Kimia merupakan cabang disiplin ilmu yang luas. Saat mempelajari kimia, Anda tidak hanya mempelajari dasar-dasar kimia, bisa jadi Anda diharuskan loncat untuk mempelajari cakupan ilmu yang lain. Singkatnya, akan ada banyak cabang ilmu baru yang harus Anda kuasai dalam waktu singkat untuk melengkapi konsep kimia. Selain itu, Anda diharuskan pula untuk menghafal sekaligus berpikir.

Sulit karena kita mengira sulit

Alasan lain kimia menjadi sulit adalah karena stigma yang telah kita peroleh bahwa kimia itu sulit. Jangan sampai kita terpatahkan karena hal ini. Jadi saat Anda berpikir sesuatu yang sulit, jangan mundur, namun persiapkan diri Anda untuk dapat menghadapi hal tersebut. Solusi lain adalah Anda harus percaya bahwa Anda bisa belajar kimia. Cara mudah untuk belajar kimia yakni dengan membagi jadwal belajar kimia menjadi sesi-sesi serta membuat banyak catatan untuk mengingatnya.

Apa yang Anda pikirkan tentang kimia setelah membaca ulasan ini? Semakin tertarik belajar kimia atau malah memilih mundur mengenal kimia? Harapannya tentu semoga semakin meningkatkan ketertarikan Anda terhadap kimia ya. Sebab kimia bukan suatu hal yang mustahil untuk dipelajari. Bisa jadi kimia adalah dunia Anda. Yuk belajar kimia!

What do you think?

Written by erapee

Erapee.com adalah media dan sarana belajar yang dituangkan dalam tulisan-tulisan sederhana dan inspiratif. Erapee.com memberikan wadah bagi para penulis untuk mengingat kembali apa yang mereka pelajari dengan cara menuliskannya.

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Jenis Reaksi Kimia

Mengapa kimia penting?