in

Mengapa kimia penting?

Jika Anda sedang mempelajari kimia atau mengajar kimia saat ini pasti Anda akan terbersit pertanyaan mengapa kimia itu penting. Bahkan bisa jadi Anda diharuskan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Mudah sekali untuk menjawabnya, yaitu karena semua yang kita gunakan terbuat dari bahan kimia. Namun tentunya terdapat pula banyak alasan lain yang menjadikan kimia bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari dan mengharuskan kita untuk memahaminya. Nah, menurut  Anda mengapa kimia penting? Berikut ini merupakan ringkasan pendapat mengapa kimia penting dari ahli kimia, guru, siswa, maupun pembaca seperti Anda.

Manusia adalah makhluk kimia

Banyak sekali kasus biologi, anatomi, dan fisiologi yang dimulai dengan kimia. Semua yang berkaitan dengan nutrisi, obat-obatan, dan bahkan racun semua dibuat dari bahan kimia.

Kimia penting untuk kehidupan

Banyak hal yang ada di lingkungan kita yang terbuat dari bahan kimia, bahkan jika kita amati semua yang ada di dunia ini terjadi karena efek kimia. Kimia penting bagi kita untuk membentuk pola pikir terhadap rahasia kecil dari lingkungan sekitar kita.

Membantu identifikasi

Belajar kimia membantu kita untuk mengidenfitikasi mana yang beracun dan tidak beracun untuk tubuh. Contohnya adalah dengan belajar kimia kita dapat membedakan air dan asam sulfat, dan mana yang aman untuk kita minum. Di dalam tubuh kita pun terjadi banyak sekali reaksi kimia, dengan mempelajari kimia membantu kita menemukan cara menyembuhkan penyakit, contohnya adalah perubahan biokimia yang terjadi dalam tubuh kita.

Sumber penghasilan

Belajar kimia tentu dapat menjadi sumber penghasilan, saat Anda menjadi ahli kimia tentu banyak sekali pekerjaan yang dapat Anda lakukan dan mendatangkan uang.

Kimia ada dimana-mana

Pada dasarnya kehidupan kita terdiri dari kimia. Saat Anda tertarik belajar kimia, Anda sekaligus akan mempelajari ilmu-ilmu lainnya. Contohnya, saat Anda fokus pada kimia analitik Anda akan mempelajari pula tentang nilai gizi, analisis spesimen, toksisitas, pengambilan sampel, dan banyak hal lainnya. Bahkan instrumen yang ada saat ini beroperasi dengan bantuan kimia seperti hasil uji klinis, kesehatan kerja, aplikasi keselamatan diri dan analisis industri.

Kimia ada dalam semua elemen

Kimia mencakup semua proses mulai dari partikel udara hingga fungsi seluler yang kita gunakan saat ini bahkan hingga bahan rekayasa untuk eksplorasi ruang angkasa. Kimia dapat dikatakan sangat dekat dengan kehidupan manusia, non-manusia, dan non-hidup.

Kimia adalah interaksi yang menyenangkan untuk dipelajari

Kimia tidak hanya mempelajari dan mengamati tentang reaksi, yang lebih penting adalah kimia juga mempelajari bagaimana keduanya dapat saling berinteraksi. Mempelajari interaksi kimia dapat membantu kita melatih kinerja otak.

Kimia sama halnya dengan kehidupan kita sehari-hari

Kimia merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan studi tentang segala sesuatu dalam kehidupan kita sehari-hari. Kimia secara continue disebarkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain itu, kimia juga berurusan dengan komposisi benda-benda yang kita gunakan setiap harinya. Baik itu makanan, batuan, mineral, hingga kasur yang kita pakai untuk tidur.

Ulasan di atas hanya sekilas pendapat tentang pentingnya kimia bagi kita. Tentunya masih ada sejuta alasan mengapa kimia penting, bisa jadi masing-masing dari kita memiliki alasan yang berbeda. Sesuatu akan menjadi penting saat kita menjadikannya penting. Begitu pula dengan keberadaan kimia, akan menjadi penting saat kita mulai tertarik mempelajarinya. Lalu menurut Anda, apa yang menjadikan kimia itu penting?

What do you think?

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Comments

0 comments

Mengapa kimia begitu sulit?

Sekilas Tentang Alchemy